KATAKANLAH YANG HAQ WALAUPUN PAHIT

MUQODDIMAH




الســــــــــلام عليــــــــــــــكم ورحمــــــــــة الله وبـــــــــركا تـه

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين اما بعد


Puji syukur kehadirat Alloh Ta'ala yang telah memberikan rohmat, inayah serta hidayahNya. Sehingga di zaman modern ini, Kami mendapat kesempatan untuk memanfaatkan salah satu fasilitas di dunia maya berupa blog untuk tempat berbagi dan belajar dalam sarana keagamaan.

Solawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad shollallohu alihi wasalam, keluarganya dan para shohabatnya. Semoga kita semua mendapatkan syafaat beliau di hari akhir kelak. Amin

Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca yang sudi mau mengunjungi blog yang amat sederhana ini. Karena kami sangat menyadari akan banyaknya kekurangan.

Para pembaca yang dimulyakan Alloh....

Sesungguhnya kami pribadi kurang berpengalaman dalam dunia internet. Katakanlah.... mengikuti perkembangan saja, yang mana banyak sekali di dunia maya terdapat doktrin-doktrin yang tidak sejalan dengan agama. Walaupun dunia yang tidak nyata, tetapi tidak sedikit yang menjadikanya sebuah rujukan, mesin penjawab, tolak ukur kebenaran bahkan terkadang menuju ke arah ideologi yang sungguh-sungguh membuat hati menjadi miris.

Apalagi dari berbagai sumber menyimpulkan, bahwa isi konten pada dunia maya ternyata sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Entah yang positif maupun negatif.

Yang perlu kita ketahui juga adalah hal yang bersifat negatif lebih mudah menular yakni lebih dominan dibanding pemikiran positif.

Jika negatif yang didapatkan, mungkin saja dapat berakibat saling membodohkan, sering membid'ahkan, mudah menyalahkan bahkan sampai mengkafirkan antar sesama muslim... Na'udzubillah min dzalik.

Ditambah lagi, media pemberitaan yang sering kali tidak independent, komunitas yang hanya memihak salah satu paham. Diskusi yang hanya mencari sebuah kemenangan.

Mungkinkah ini salah satu pemecah umat?
Tidak lagi mementingkan persatuan Islam.
Tidak lagi menempatkan antara maslahah dan mafsadah.

Orang yang berilmu pasti lebih mengedepankan maslahah dari pada ego dalam hati. Tetapi jika nafsu telah menguasai hati ini, apa boleh dikata. Benar, benar dan selalu merasa benar.

Khususnya para pemuda yang sedang bersemangat dalam menuntut ilmu agama, yang mungkin belum mengetahui cara berpendapat yang benar, belum mengetahui bagaimana menimbang perkataan yang mengandung antara maslahah dan mafsadah. Bahkan tanpa sebuah bimbingan langsung dari ahlinya.

Yang lebih membahayakan lagi, ber-argumen dengan rujukan puluhan kitab, tetapi tidak mengetahui makna dan maksud isi kitab. Bahkan terkadang tanpa pembuktian langsung terhadap berbagai macam pendapat yang tersebar di dunia maya.

Perlu kita ketahui lagi bahwa dalam sebuah ilmu yang berhubungan dengan agama. Tidak boleh sembarangan mendoktrin haram atau wajib bahkan kafir dan lain sebagianya. Harus mempunyai dalil yang jelas. Atau mengutip pendapat ulama salaf. Jika memang kita belum ahli mengambil dalil, paling tidak entah segi sara' ataupun segi tatanan bahasa arab maka alangkah baiknya bertanya kepada ahlinya.

Tidak perlu malu dalam pengakuan kita mengambil dari buku apa, kyai siapa, doktor yang mana, situs apa, blog mana, pendapatnya siapa dan sebagainya.

Bukan berarti penulis blog ini ahli dan merasa paling benar tanpa sedikit kesalahan. Karena memang kami dalam tahap belajar, masih jauh dari kesempurnaan. Hanya mengajak bersama-sama untuk menebarkan syiar Islam semampu kita.. lewat sebuah media blog.

Terlepas dari semua fenomana itu. Dalam sudut yang lain, mau tidak mau kita juga harus mengakui hal positif akan manfaat dunia maya dalam kehidupan nyata. Khususnya dalam ilmu pengetahuan agama. Nyata dan jelas, tanpa dipungkiri, walaupun disebagian kalangan masyarakat belum dapat menerimanya. Hanya saja, semua itu perlu sebuah penilitian dan penulusuran yang kritis dalam sebuah doktrin-doktrin yang tersebar di dunia maya.

Oleh sebab itulah BLOG menjadi salah satu jalan kami dalam menyuarakan, menuliskan, membagikan dan mencoba menjadikan sebuah CELAH syiar islam untuk melestarikan ilmu pengetahuan agama yang sebagian telah dimakan oleh zaman.

Namun, kami ulangi bahwa isi artikel blog yang telah kami tulis, bukan untuk sebuah rujukan namun jadikanlah sebuah perbandingan. Karena Al Quran dan Hadits lah yang pasti dijamin kebenaranya. Kami hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Sebatas berusaha menyusun, menuliskan dan menyimpulkan dari sumber yang telah kami tuliskan di setiap artikel. Dan berusaha tidak mendominasi salah satu organisasi. Hanya Islam tanpa sebuah embel-embel apapun.

Untuk itu, diharapkan bagi pembaca harus lebih teliti dan kritis. Jika perlu, pembaca dapat membuktikan, menelusuri langsung kepada kitab/buku rujuan yang telah dituliskan di setiap artikel. Yang nantinya dapat membedakan mana yang benar dan begitu juga sebaliknya.

Saudaraku yang dimulyakan Alloh...

Walaupun kami aktif dalam blog ini, tetapi kami SANGAT TIDAK MENYARANKAN belajar agama lewat media internet. Tempat belajar yang paling utama adalah MAJLIS TA'LIM yang berhadapan langsung dengan gurunya atau ahlinya.

Paling tidak blog dapat menjadi salah satu celah dalam melestarikan ilmu untuk syiar agama. Maka jikalau dalam setiap artikel blog ini, pembaca mendapati sebuah kesalahan dalam hal apapun, sudi kiranya memberi masukan agar dapat kami koreksi.

Serta tidak lupa kami mengemis doa dari setiap pembaca, semoga kami dalam menyusun setiap artikel disertai jiwa yang ikhlas dan dikabulkan semua cita-cita kami. Amin....

Kiranya hanya itu saja yang dapat kami tulis. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.




والســــــــــلام عليــــــــــــــكم ورحمــــــــــة الله وبـــــــــركا تـه















0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver