KATAKANLAH YANG HAQ WALAUPUN PAHIT

Hukum menjawab salam

hukum menjawab salam non muslim
Sudah menjadi sebuah kelaziman dan kemakluman disebagian besar muslim tentang hukum menjawab salam, begitu juga kesunnahan memulai salam kepada sesama muslim dan keharusan untuk menjawabnya. Karena memang sejak zaman dahulu, Nabi telah memerintahkanya.


ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ , ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ‏ﻟَﺎ ﺗَﺪْﺧُﻠُﻮﻥَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﺣَﺘَّﻰ ﺗُﺆْﻣِﻨُﻮﺍ , ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺆْﻣِﻨُﻮﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﺗَﺤَﺎﺑُّﻮﺍ , ﺃَﻭَﻟَﺎ      ﺃَﺩُﻟُّﻜُﻢْ ﻋَﻠَﻰﺷَﻲْﺀٍ ﺇِﺫَﺍ ﻓَﻌَﻠْﺘُﻤُﻮﻩُ ﺗَﺤَﺎﺑَﺒْﺘُﻢْ , ﺃَﻓْﺸُﻮﺍ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡَ ﺑَﻴْﻨَﻜُﻢ
ْ
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda : Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan apa yang bisa membuat kalian saling mencintai? Para Shahabat berkata : Tentu ya Rasulullah..Sebarkanlah salam diantara kalian



Dalam penjawaban salam diharuskan dengan segera seperti ijab qobul

حاشية الجمل ج ٥ - ص ١٨٨
وَيُشْتَرَطُ أَنْ يَتَّصِلَ الرَّدُّ بِالسَّلَامِ اتِّصَالَ الْقَبُولِ بِالْإِيجَاب


فتح المعين
ويجب اتصال الرد بالسلام كاتصال قبول البيع بإيجابه


Bahkan dalam kitab Sulam Taufiq menuturkan bahwa meninggalkan menjawab salam dikategorikan MAKSIAT LISAN

 سلم التوفيق ص ٢٤ -٢٦
فصل ومن معاصي اللسان   الغيبة.....الخ....... وكتم الشهادة او نسيان القرآن وترك رد السلام الواجب عليك


Kitab Is'adur Rofiq menjelaskan bahwa Hukumnya Fardhu 'Ain menjawab salam apabila orang yang memulai salam muslim berakal mukallaf dan sendirian. Dan menjadi Fardhu Kifayah jikalau dihadapan jamaah

اسعادالرافيق ج ٢ - ص ٩٥
(و) منها (ترك رد السلام الواجب عليك) رده عينا بأن صدر ابتداؤه من مسلم عاقل على مكلف وحده او كفاية بأن صدر منه على جما عة مكلفين


Disunnahkan juga memulai salam terhadap anak kecil yang sudah tamyiz walaupun menyangka anak tersebut tidak akan menjawabnya

فتح المعين
وابتداؤه اي السلام عند اقباله او انصرافه على مسلم غير نحو فاسق او مبتدع حتى الصبي المميز وان ظن عدم الرد


Tetapi hukum tersebut (keterangan diatas tadi) tidak mutlak sunnat karena harus melihat siapa yang memulai salam dan siapa yang disalami, bahwa tidak disunnahkan memulai salam kepada orang yang sedang buang hajat, sedang kencing, sedang bersetubuh dan lain-lain bahkan MAKRUH 
menjawabnya

فتح المعين
ولا يندب السلام على قاضي الحاجة بول او غائط او جماع او استنجاع.... الخ


Disunnahkan uluk salam jika masuk ke dalam ruangan yang sepi atau tanpa ada orang lain karena memang ada hadist yang menjelaskanya, maka 
ucapan salamnya ialah


السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين

Assalamu 'alaina wa'ala 'ibadillahis sholihin


فتح المعين
ويسن لمن دخل محلا خاليا ان يقول السلام علينا وعلى 
 عبادالله الصالحين

اعانة الطالبين ج ٤ - ص ١٨٩
(قوله: ويسن لمن دخل إلخ) قال في الروض وشرحه: ومن دخل داره فليسلم ندبا على أهله، لخبر أنس أنه صلى الله عليه وسلم - قال له: يابني، إذا دخلت على أهلك فسلم، يكن بركة عليك وعلى أهلك رواه الترمذي، وقال حسن صحيح، أو دخل موضعا خاليا عن الناس فليقل ندبا، السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين.لما روى مالك في موطئه أنه بلغني أنه يستحب ذلك، وقال تعالى فإذا دخلتم بيوتا فسلموا على أنفسكم تحية من عند الله مباركة طيبة



*HUKUM SALAM KEPADA NON MUSLIM*

Apabila terhadap NON MUSLIM, maka TIDAK dianjurkan memulai salam apalagi menjawabnya karena memang ada larangan untuk hal ini. Bahkan HARAM hukumnya memulai salam terhadap kafir dzimmi, jika mereka memulai salam kepada kita maka di dalam hadist diterangkan jawablah dengan kata " عليك " ('alaika), atau " السام عليك " (assamu 'alaika)

فتح المعين
ويحرم أن يبدأ به ذميا ويستثنيه وجوبا بقلبه إن كان مع مسلم

اعانة الطالبين ج ٤ - ص ١٨٩
(قوله: ويحرم أن يبدأ به) أي بالسلام ذميا، وذلك للنهي عنه في خبر مسلم، فإن بان من سلم عليه معتقدا أنه مسلم ذميا، استحب له أن يسترد سلامه، بأن يقول له رد علي سلامي.والغرض من ذلك أن يوحشه، ويظهر له أنه ليس بينهما ألفة.وروي أن ابن عمر سلم على رجل، فقيل له إنه يهودي فتبعه، وقال له: رد علي سلامي.قال النووي في الاذكار: روينا في صحيح مسلم، عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: لا تبدأوا اليهود ولا النصارى بالسلام، فإذا لقيتم أحدهم في الطريق فاضطروه إلى أضيقه.وروينا في صحيحي البخاري ومسلم، عن أنس رضي الله عنه قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: إذا سلم عليكم أهل الكتاب فقولوا عليكم. وروينا في صحيح البخاري، عن ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم - قال: إذا سلم عليكم اليهود فإنما يقول أحدهم السام عليك، فقل وعليك


*HUKUM MENJAWAB SALAM WANITA AJNABIY*

Keterangan diatas tadi jika dilakukan laki-laki dengan laki-laki atau perempuan terhadap perempuan. Maka bagaimana jika uluk salam dilakukan berlainan jenis?
Selain diatas di dalam beberapa kitab Syafiiyah sudah menjelaskan bahwa DISUNNAHKAN memulai salam antara

  • Laki-laki dengan laki-laki
  • Wanita dengan wanita
  • Sesama mahrom walaupun berlainan jenis (pria dan wanita )
  • Suami istri
  • Berlainan jenis, tapi salah satunya bersama mahrom atau sejenisnya, seperti istri
  • Berlainan jenis, tapi salah satunya sudah tua (tidak menimbulkan fitnah)
Sedangkan hukumnya menjawab tetap WAJIB dalam menjawab salam tersebut

فتح المعين
ودخل في قولي مسنون سلام امرأة على امرأة أو نحو محرم أو سيد أو زوج وكذا على أجنبي وهي عجوز لا تشتهى.ويلزمها 
في هذه الصورة رد سلام الرجل


Kemudian memulai salam bagi laki-laki kepada
 JAMAAH perempuan ajnaby (bukan mahrom) maka hukumnya tetap SUNNAT tetapi disyaratkan TIDAK MENIMBULKAN FITNAH, ingat disini JIKA TIDAK MENIMBULKAN FITNAH. Dan untuk menjawab uluk salam tersebut dihukumi FARDHU KIFAYAH

فتح المعين
قال شيخنا ولو سلم على جمع النسوة وجب رد احداهن اذ لا يخشى فتنة حينئذ

اعانة الطالبين ج ٤ - ص ١٨٥
(قوله: وجب إلخ) جواب لو (وقوله: رد إحداهن) فلو رددن كلهن جاز وأثبن ثواب الفرض، فالتقييد بإحداهن ليس بمتعين قال في المغني ولا يكره أي الرد على جمع نسوة أو عجوز، لانتفاء خوف الفتنة، بل يندب الابتداء به منهن على غيرهن وعكسه اه‍


Kitab Hasyiyah Jamal juz 5 hal 188 menyimpulkan tentang uluk salam ajnabiy dan ajnabiyah, bahwa

:
فَالْحَاصِلُ أَنَّهُ إنْ سَلَّمَ هُوَ كُرِهَ لَهُ الِابْتِدَاءُ وَحَرُمَ عَلَيْهَا الرَّدُّ وَإِنْ سَلَّمَتْ هِيَ حَرُمَ عَلَيْهَا الِابْتِدَاءُ وَكُرِهَ لَهُ الرَّدُّ اهـ شَيْخُنَا

apabila seorang laki-laki uluk salam maka dimakruhkan memulai salam dan haram bagi perempuan menjawab salamnya, dan apabila seorang wanita uluk salam maka HARAM hukumnya memulai salam dan dimakruhkan bagi laki-laki menjawab salamnya


Dan lebih dijelaskan lagi di dalam kitab I'anatut Tholibien bahwa HARAM jika dapat memenuhi empat syarat

اعانة الطالبين ج ٤ - ص ١٨٥
(أما مشتهاة إلخ) مفهوم قوله لا تشتهي والحاصل: يحرم الرد عند اختلاف الجنس بشروط أربعة: كون الانثى وحدها، وكونها مشتهاة وكون الرجل وحده، وانتفاء المحرمية ونحوها: كالزوجية

Wanita tersebut sendirian
Adanya wanita tersebut menimbulkan syahwat
Laki-lakinya juga sendirian
Dan tanpa adanya mahrom atau sejenisnya seperti istri

*HUKUM MENJAWAB TITIP SALAM TULISAN ATAU LAFADZ*

Pertama, disunnahkan mengirim salam terhadap orang yang tidak ada dihadapanya, dan wajib menyampaikan titipan salam tersebut, kemudian jika titipan salam sudah tersampaikan maka WAJIB hukumnya segera menjawabnya

شرح النواوي على مسلم ج ٨ - ص ١٢٢
قَوْلُهُ (قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أصحابك يقرؤون عَلَيْكَ السَّلَامَ وَرَحْمَةَ اللَّهِ) فِيهِ اسْتِحْبَابُ إِرْسَالِ السَّلَامِ إِلَى الْغَائِبِ سَوَاءٌ كَانَ أَفْضَلَ مِنَ الْمُرْسِلِ أَمْ لَا لِأَنَّهُ إِذَا أَرْسَلَهُ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْضَلُ فَمَنْ دُونَهُ أَوْلَى قَالَ أَصْحَابُنَا وَيَجِبُ عَلَى الرَّسُولِ تَبْلِيغُهُ وَيَجِبُ عَلَى الْمُرْسَلِ إِلَيْهِ رَدُّالْجَوَابِ حِينَ يَبْلُغُهُ عَلَى الْفَوْرِ


Kedua, tidak harus menjawab berupa tulisan karena dengan LAFADZ SAJA sudah mencukupinya

فتح المعين
ويلزم المرسل اليه الرد فورا باللفظ في الارسال وبه او الكتابة فيها


Ketiga, namun boleh menjawab salam berupa tulisan tadi dengan lafal ataupun berupa tulisanا

اعانة الطالبين ج ٤ - ص ١٨٩
(قوله: وبه الخ) معطوف على باللفظ: أي ويلزم المرسل إليه الرد فورا باللفظ أو بالكتابة، فيما إذا أرسل له السلام في كتاب فيلزم الرد إما باللفظ أو بالكتابة


Keempat, harus melihat pesan tersebut khusus pribadi atau jamaah atau dari wanita ajnabiy dan lain sebagainya, Maka dapat kita samakan dengan keterangan-keterangan tadi diatas


.
Referensi dari kitab

Sulam Taufiq_darul 'abidin surabaya
Is'adur Rofiq_Al hidayah surabaya
Fathul Muin_darul kitab al islamiy surabaya
I'anatut Tholibien_darul kitab al islamiy surabaya
Hasyiyah Jamal_syamela
Syarah An Nawawi alal Muslim_syamela

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver